#TM12.Sabtu081218.StrategiPembangunanTransportasiUdara
STRATEGI PEMBANGUNAN TRANSPORTASI UDARA
Pada dalam UUD NO. 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan tidak memuat kewajiban bagi kantor kementrian/ lembaga untuk menusun rencana jangka panjang. DEPHUP perlu menyusun RPJP kurun waktu 2005-2025 terkait dengan fungsi pelaksanaan tugas pada perencanaan pada pasal 10 peraturan menteri perhubungan no.37 tahun 2006.
Tugas di bidang perhubungan adalah melakukan pembinaan terhadap kegiatan pembangunan dan pengoprasian infrastruktur transportasi yang memiliki unsur ekonomis.
STRATEGI TRANSPORTASI UDARA
RVSM adalah separasi vertical dikurangi menjadi 1000FT antar masing-masing traffic. Biasanya digunakan untuk pesawat cargo dan jenis jet penumpang. Indonesia termasuk negara yang sudah memakai RVSM ini, area nya dimulai dari FL290-FL410 yang artinya, pada ketinggian tersebut peswat harus memenuhi syarat.
RVSM diterapkan untuk meningkatkan kapasitas ruang udara karena dengan menggunakan separation vertical yang dulu 2000 feet untuk ketinggian diatas FL290 bisa menjadi 1000 feet.
Syarat-syaratnya:
1. Memiliki 2 independent altitude.2. Memiliki alarm sistem ketinggian.
3. Memiliki authomatic control sistem.
4. Memiliki SSR.
B. ECO AIRPORT
ECO AIRPORT adalah bandara yang ramah lingkungan yaitu memanfaatkan sumber-sumber lingkungan yang ada dengan dampak kerusakan yang seminimal mungkin
Penerapan eco airport pada konspet desain landscape di bandara
a. Landscape tropis dan karakteristik di Indonesia
b. Terwujudnya kenyamanan secara visual
c. Low Maintenence
C. SKY MARSHALL
Tugas seorang air marshall tidak mudah, dia harus ikut dalam penerbangan dengan cara menyamar agar tidak mengundang kecurigaan. Dia juga harus mampu menangani maslaah keamanan di pesawat. Negara yang sudah menerapkan sky marshall ialah AS, Kanada, Germany.
Komentar
Posting Komentar